News

Sebagai bangsa, kini kita telah merdeka. Hindarkan politik pecah belah layaknya penjajah memperlakukan kita ratusan tahum silam.

  • NasDem Perkuat Hubungan Indonesia-Singapura

    JAKARTA (30 September): Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, Indonesia memiliki hubungan yang erat dengan Singapura secara kutural dan emosional.

    “Strategisnya hubungan dengan Singapura penting untuk dipererat. Saya juga yakin rakyat dan pemerintah Singapura punya pandangan yang sama ke Indonesia,” kata Surya Paloh di Rumah Duta Besar Singapura, Jakarta, Selasa (30/9). Diakuinya, ada diskontinuitas pembangunan di Indonesia dan saat ini Singapura telah jauh meninggalkan Indonesia, terutama di bidang ekonomi dan pertahanan. “ Partai NasDem prihatin dengan kondisi Indonesia. Singapura yang kecil namun strategis
    Selengkapnya...

  • Koalisi Merah Putih Bagi-Bagi Kursi Pimpinan DPR, MPR

    JAKARTA (30 September): Satu hari setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak permohonan PDIP dalam uji UU MD3, Koalisi Merah Putih (KMP) langsung menggelar rapat memantapkan pembagioan kursi pimpinan DPR dan MPR.

    Rapat diadakan di Fraksi Partai Golkar, Lantai 12, Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (30/9). Menurut Sekjen PPP Romahurmuziy, KMP membahas posisi ke depan di parlemen. "Membahas kemungkinan komposisi DPR, MPR," ujar Romahurmuziy yang biasa disapa Romi. Namun Romi enggan mengungkap siapa saja nama-nama yang keluar untuk dicalonkan memimpin DPR, MPR. "Tidak bagus saya ngomong kalau belum selesai rapatnya. Seharusnya sudah ada nama,"
    Selengkapnya...

  • Jika Dengar Aspirasi Rakyat, DPR akan Terima Perppu

    JAKARTA (30 September): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono setelah mengadakan konsolidasi dengan kader dan elite Partai Demokrat memutuskan untuk mengajukan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) atas UU Pilkada. Perppu itu akan diserahkan ke DPR untuk disahkan.

    Pada konferensi pers yang disampaikan di The Sultan Hotel Jakarta, Selasa (30/9) , SBY mengatakan pihaknya telah memutuskan untuk mengajukan perppu setelah mendapatkan hasil sidang paripurna DPR tentang UU Pilkada. Ia mengatakan, Perppu diterima atau tidak sepenuhnya ada di tangan DPR. "Jika mereka (DPR) mendengarkan aspirasi rakyat tentunya mereka akan menerima perppu ini," kata SBY. Menurut dia,  perppu itu berkaitan dengan pilkada langsung dengan perubahan besar
    Selengkapnya...

  • Presiden akan Keluarkan Perppu atas UU Pilkada

    JAKARTA (30 September): Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengambil sikap menanggapi desakan publik tentang pengesahan UU Pilkada. Presiden akan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) setelah menerima hasil rapat paripurna DPR mengenai UU Pilkada.

    "Saya sedang menyiapkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang. Saya ajukan perppu ke DPR setelah menerima hasil sidang paripurna," kata Presiden SBY di The Sultan Hotel, Senayan, Jakarta, Selasa (30/9). Sebelumnya, SBY akan menandatangani hasil rapat paripurna tentang UU Pilkada tersebut. Setelah itu, ia akan mengajukan kepada DPR sebuah Perppu yang intinya adalah pilkada langsung dengan perbaikan. "Ini adalah pintu masuk. Itulah yang saya sampaikan," kata
    Selengkapnya...

  • Pemerintah Bahas Mekanisme Penolakan UU Pilkada

    JAKARTA (30 September): Pemerintah masih membahas mekanisme penolakan UU Pilkada setelah hasil konsultasi antara Presiden dan Ketua Mahkamah Konstitusi menyatakan kehadiran menteri yang menyampaikan amanat presiden dalam pembahasan RUU bersama DPR bisa dinilai sebagai persetujuan pemerintah.

    "Sekarang ini karena setiap pembahasan RUU, Presiden menunjuk menteri, meski dalam amanat presiden (yang disampaikan menteri), menteri tidak memberikan persetujuan namun dengan kehadirannya sama saja memberikan persetujuan. Kesimpulannya tidak ada jalan bagi presiden untuk tidak bersetuju. Saya sebagai presiden taat asas dan konstitusi, apalagi ada pandangan dari Mahkamah Konstitusi," kata Presiden dalam keterangan pers di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Selasa (30/9) dini hari setelah
    Selengkapnya...

Tuesday, 30 September 2014

DPC PPP Ramai-Ramai Tolak Keputusan Suryadharma

MAKASSAR (30 September): Sejumlah Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di 24 kabupaten dan kota mulai ramai-ramai menolak keputusan Suryadharma Ali (SDA) mengangkat pelaksana tugas (Plt) Ketua DPW PPP Sulawesi Selatan.

"Kita tetap menganggap Amir Uskara sebagai Ketua DPW kami dan menganggap keputusan dari Suryadharma Ali itu ilegal dan tidak mempunyai kekuatan hukum karena dia sudah dipecat oleh partai beberapa waktu lalu," ujar Ketua DPC PPP Kabupaten Bantaeng, Sulsel, Nurdin Halim melalui telepon genggamnya di Makassar, Senin (29/9). Ia mengatakan, penunjukan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sulsel, Taufik Zainuddin sebagai Plt Ketua PPP Sulsel oleh Suryadharma pada Minggu (28/9)
Selengkapnya...

Tuesday, 30 September 2014

Jokowi akan Maksimalkan Kekayaan Maritim

JAKARTA (30 September): Sektor maritim menjadi salah satu fokus perhatian pemerintahan Joko Widodo- Jusuf Kalla lima tahun mendatang. Hal itu penting disebabkan kekayaan maritim belum dikelola secara baik. Pemerintah harus hadir dalam berbagai kebijakan terkait isu-isu kelautan.

Harapan itu mengemuka dalam diskusi bertajuk Roadmap Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia yang diselenggarakan Ormas Nasional Demokrat di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (29/9). Hadir dalam diskusi tersebut, antara lain Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi), Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Sarwono Kusumatmaja, ahli hukum internasional UI Hikmahanto Juwana, Wakil Ketua Forum Pengkajian Pertahanan dan Maritim (FKPM) Laksda TNI Budiman Joko Said,
Selengkapnya...

Tuesday, 30 September 2014

SBY Dinilai hanya Kamuflase

JAKARTA (30 September): Pernyataan penyesalan Presiden yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di luar negeri tentang aksi walk out (meninggalkan sidang) anggota Fraksi Demokrat DPR saat pengesahan UU Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di DPR masih sulit dipercaya.

Pasalnya, sangat tidak mungkin Yudhoyono tidak memiliki kendali di partai berlambang Mercy itu karena ia dinilai tipe pemimpin partai politik yang mengatur segala keputusan partai. “Indikatornya apa? Jabatan-jabatan strategis di partai, dia ambil semua. Majelis tinggi, kemudian ketua umum. Berjejer dengan anaknya dalam kepengurusan. Tidak mungkin SBY tak punya kendali. Jadi semua itu kepura-puraan. Semua kamuļ¬‚ase. Kehendak sesungguhnya ialah pilkada melalui DPRD, tetapi tetap
Selengkapnya...

Monday, 29 September 2014

MK Tolak Permohonan PDIP, Pimpinan DPR Dipilih

JAKARTA (29 September): Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak keseluruhan permohonan PDIP dan perseorangan untuk pengujian UU MD3 dengan nomor perkara 73/PUU-XII/2014.

"Memuuskan menolak permohonan pemohon secara seluruhnya," kata Ketua MK, Hamdan Zoelva, saat membacakan putusan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (29/9). Dengan putusan MK tersebut maka Pimpinan DPR akan dipilih oleh anggota DPR dan usulan fraksi-fraksi. Pimpinan DPR tidak lagi menjadi hak partai politik pemenang pemilu dengan perolehan suara secara berurutan seperti dalam UU MD3 yang lama. Artinya, walau PDIP memenangi Pemilu Legislatif 2014, tidak
Selengkapnya...

Monday, 29 September 2014

Nurhayati Akui Inisiator WO Demokrat

JAKARTA (29 September): Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Nurhayati Ali Assegaf mengakui bahwa aksi walk out (WO) anggota Fraksi Demokrat pada sidang paripurna DPR pengesahan RUU Pilkada pada Jumat (26/9) adalah inisiatifnya.

"Apa gunanya saya dijadikan pimpinan fraksi jika tidak bisa mengambil keputusan? Walk out adalah keputusan saya dan bukan perintah SBY," katanya dalam konferensi pers di gedung DPP Partai Demokrat di Jakarta, Senin (29/9). Dalam rapat paripurna DPR itu, dengan sikap WO Partai Demokrat maka melempangkan jalan bagi Koalisi Merah Putih ubntuk menggolkan opsi pilkada oleh DPRD. Koalisi Merah Putih terdiri dari Golkar, Gerindra, PAN, PKS dan PAN. Demokrat sebelumnya menyatakan
Selengkapnya...

1
2
3
4
5
6
>
»